5 Cara Agar Startup Bertahan Lama


5 CARA AGAR STARTUP BERTAHAN LAMA
5 CARA AGAR STARTUP BERTAHAN LAMA
5 CARA AGAR STARTUP BERTAHAN LAMA

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah rintisan bisnis Startup terbanyak dunia saat ini, Indonesia menduduki keempat terbesar dunia.  Meski jumlah startup yang lahir terbilang besar, tak sedikit yang usianya hanya seumur jagung. Menurut Ignatius Untung yang merupakan ketua umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Anak bangsa  memiliki banyak ide untuk membuat startup namun tidak begitu cermat dalam mengeksekusinya.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan startup indonesia mati diantaranya adalah minimnya pengalaman kerja seorang founder, yang artinya belum memiliki pengalaman di dunia bisnis khususnya startup dan kurangnya arahan atau mentoring dari pelaku bisnis startup yang sudah berpengalaman. jasa konsultan bisnis startup dapat membimbing startup anda.

Selain kecilnya kesempatan mentoring faktor yang selanjutnya adalah kualitas seorang founder atau pendiri startup, seorang founder akan menentukan arah kemena bisnisnya akan berjalan, dan perjalanan ini lah yang akan menentukan bertahan tidaknya sebuah startup.

Sebagai sorang founder harus memiliki langkah yang terarah dan serta harus memahami rantai bisnis yang bisa membuat bisnis bertahan untuk mencapai sebuah tujuan, dan hal ini lah yang harus menjadi perhatian seorang founder dalam mengelola bisnis. Faktor euforia juga menjadi faktor pendorong pesatnya pertumbuhan startup di Indonesia salahsatu alasannya adalah bonus demografi sehingga memandang semua startup itu bagus, padahal tidak demikian.  Strategi apa yang membuat bisnis startup dapat bertahan? Berikut ulasannya 5 Cara AgarStart Up Bertahan Lama.

Langkah awal yakni perencanaan yang optimal hal ini di lakukan setelah menemukan ide. Seringkali bisnis hanya memikirkan untung dan ruginya saja sampai pada  bagaimana sebuah bisnis khsusunya startup bertahan dalam bersaing. Keputusan yang salah akan mengakibatkan risiko penurunan bisnis yang cepat. Sehingga harus memahami bagaimana bisnis menghadapi risiki-risiko yang akan dihadapi atau bisa konsultasi dengan jasa konsultan bisnis startup

Langkah ke-2, mengikuti perubahan konsumen, perubahan akan selalu terjadi terlebih hal ini akan selalu terjadi pada konsumen. Perubahan ini akan berpengaruh terhadap permintaan jasa atau produk yang kita tawarkan kepada segmen pasar, jangan sampai kita menawarkan yang tidak dibutuhkan oleh konsumen hal ini akan membuat bisnis anda tidak bisa bertahan. Oleh karena itu pastikan bisnis startup anda memunculkan produk-produk sesuai kebutuhan konsumen dengan ide-ide yang segar.

Langkah ke-3, mengutamakan pelayanan konsumen. Produk yang baik akan menjadi incaran para konsumen, Namun hal ini bukan satu-satunya cara agar startup bertahan dan dapat bersaing, karena palayanan yang baik akan saja tetap tertinggal oleh produk inovasi yang lebih di butuhkan pasar. Oleh karena itu inovasi produk sangat berperan dalam bersaing namun pelayanan yang baik yang berorientasi pada konsumen juga harus dipertahankan.

Langkah ke-4, empat memiliki tim yang produktif dan kompeten. Dalam sebuah bisnis permasalahan sumber daya manusia (SDM) menjadi salahsatu masalah yang utama. Memiliki tim atat sumber daya manusia yang kompeten merupakan aset yang sangat berharga dalam sebuag perusahaan terlebih perusahaan startup. Perubahan yang begitu cepat dalam dunia bisnis membutuhkan team yang kompetrn dan benar-benar mengutamakan konsumen sehingga akan menyesuaian keadaan konsumen yang sangat dinamis dan berubah secara cepat. Karena startup memiliki SDM yang terbatas maka produktifitas sebuah tim harus optimal yang hal ini akan membuat pertumbuhan bisnis startup semakin cepat bertumbuh.

Langkah ke-5, berani mengambil resiko. Sebuah bisnis identik dengan kata risiko yang sangat tinggi hal ini sebading dengan kesuksesannya karena hampir mustahil kesuksesan diraih tanpa kegagalan. Gagal bukan hal yang terakhir dalam perjalan bisnis. Namun menjadi  awal untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam mengelola bisnis. Resiko yang di hadapi tentu sangat komplek oleh karenanya butuh keberanian dalam mengambil tindakan yang tentunya mempertimbangkan berbagai risiko mana yang paling kecil namun efektif untuk keberlangsungan sebuah bisnis.

Untuk menumbuhkan bisnis startup, anda dapat menghubungi Jasa Konsultan Bisnis StartupTerbaik Dan Terpercaya di Indonesia!!!


(Hubungi Sekarang Juga! WhatsApp: +62813-9081-6250)

Salam hangat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar