Syarat Menjadi Konsultan di Jasa Konsultan Keuangan Perusahaan Terbaik

Syarat Menjadi Konsultan di Jasa Konsultan Keuangan Perusahaan Terbaik
Syarat Menjadi Konsultan di Jasa Konsultan Keuangan Perusahaan Terbaik

Syarat Menjadi Konsultan di Jasa Konsultan Keuangan Perusahaan Terbaik

Hallo... Anda ingin menjadi konsultan handal atau ingin diterima menjadi konsultan di perusahaan ternama? Anda harus membaca tips di bawah ini untuk memahami kualifikasi yang dibutuhkan. Namun sebelumnya kami ingin mengucapkan terimakasih atas atensi Anda membaca artikel kami sebelumnya di Bisnis Online Melejit dengan Jasa Konsultan Periklanan dan Marketing Terbaik.


Menjadi konsultan, seperti konsultan keuangan atau konsultan pajak, adalah profesi atau pekerjaan yang sangat diminati oleh banyak orang. Tapi apakah Anda tahu apa sih sebenarnya konsultan itu?

Konsultan keuangan adalah seseorang yang memiliki keahlian khusus di bidang keuangan dan memberikan jasa konseling sebagai salah satu kunci dalam membuat keputusan bisnis dalam suatu perusahaan. Seorang konsultan bertugas memberikan pertimbangan termasuk faktor risiko atas keputusan yang dibuat oleh kliennya dengan berbagai analisa yang mendalam. 

Utamanya seorang konsultan harus mampu menjabarkan segala sesuatunya secara detail sesuai dengan kebutuhan kliennya, meski itu hanya sebuah bisnis kecil. Namun penjabaran tersebut hanya sebatas analisa dan pendapat, tidak berupa keputusan atas langkah yang harus diambil oleh kliennya.

Perbedaan Antara Konsultan Keuangan dengan Akuntan.

Apapun bentuk usahanya, apakah itu sekedar bisnis UKM ataukah sebuah perusahaan yang besar, perbedaan tugas dari seorang konsultan keuangan dengan akuntan ada pada kekhususannya. Seorang konsultan keuangan bertugas memberikan informasi, melakukan perencanaan, realisasi, hingga eksekusi. Sedangkan tugas seorang akuntan lebih ditekankan pada pembuatan laporan keuangan yang terstruktur dengan baik.

Berbeda dengan jasa konsultan pajak, syarat utama yang harus dimiliki untuk menjadi seorang konsultan keuangan perusahaan, antara lain:
# Pendidikan Khusus Sesuai Bidangnya.
Untuk menjadi seorang konsultan keuangan perusahaan yang handal Anda tidak cukup hanya menjadi sarjana ekonomi atau sarjana akuntansi saja. Lebih dari itu, Anda harus mengambil kursus keahlian atau kompetensi yang mendukung kemampuan Anda dalam mengasah keahlian praktis Anda.

# Sertifikasi Keahlian Sebagai Konsultan Keuangan.
Selain gelar sarjana, tentunya Anda harus mengambil seritifkasi profesional tertentu untuk syarat sah pemegang keahlian. Sehingga tidak semua sarjana ekonomi atau sarjana akuntansi bisa menjadi seorang konsultan keuangan perusahaan.

Sertifikasi profesional yang harus dimiliki salah satunya seperti Certified Public Accountant (CPA) atau BAP untuk seorang akuntan publik, yang sebelumya harus lulus Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Setelah melakukan sertifikasi tersebut seorang akuntan publik tidak hanya dapat bekerja menjadi konsultan keuangan perusahaan, namun juga dapat membuka kantor akuntan publik sendiri, dengan syarat khusus tambahan lainnya.

# Kemampuan Melakukan Analisa dan Membuat Laporan Keuangan.
Kemampuan analisa bagi seorang penyedia jasa konsultan keuangan perusahaan adalah hal yang wajib. Sebab tugas utama seorang akuntan adalah membuat analisa laporan tentang rasio keuangan likuiditas, leverage, aktivitas, profibilitas dan sebagainya. Untuk itulah Anda harus mengambil pendidikan kompetensi khusus untuk mengasah keahlian ini.

# Penguasaan Keahlian Dalam Bidang Akuntansi Maupun Keuangan.
Sebagai penyedia jasa konsultan keuangan perusahaan terbaik, setidaknya ada 3 sertifikasi keahlian khusus yang harus Anda ikuti, antara lain: Certified Public Accountant (CPA), Certified Internal Auditors (CIA), dan Certified Management Accountants (CMA).

# Komunikatif dan Memiliki Kemampuan Yang Baik.
Memiliki banyak keahlian khusus namun tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga sangat disayangkan. Karena Anda tidak dapat menjabarkan dengan baik maksud dan hasil analisa Anda kepada klien bisnis ukm atau klien perusahaan besar Anda. Selain keahlian verbal, kemampuan berbahasa inggris dan penguasaan bahasa bisnis juga merupakan pendukung yang sangat dibutuhkan.

# Penguasaan Ilmu Bisnis Secara Aktual.
Yang dimaksud dengan penguasaan bisnis di sini adalah yang berhubungan dengan sirkulasi atau proses perputaran kelengkapan berkas yang dibutuhkan dan mendukung pembuatan laporan keuangan. Seperti misalnya Anda harus memahami apa itu nota kredit, nota debet, faktur, laporan bank, inventory control, semua hal yang berkaitan dengan saham, neraca, laporan laba-rugi, produksi, perencanaan, penganggaran, arus kas, lembar biaya, aliran dana, biaya standar, biaya marginal, biaya tetap, bahan, pembelian, lindung nilai, surat berharga, kliring, operasi perbankan, konsultasi pajak, kas kecil, pengadaan, pesanan pembelian, aplikasi pembelian, dan masih banyak lagi yang Anda harus kuasai.



Syarat Menjadi Konsultan di Jasa Konsultan Keuangan Perusahaan Terbaik
Syarat Menjadi Konsultan di Jasa Konsultan Keuangan Perusahaan Terbaik

Tarif seorang konsultan sangat bergantung pada tinggi rendahnya kualifikasi yang dimiliki. Semakin tinggi kualifikasinya maka tarifnyapun akan megikuti kualitas yang dimilikinya. Sehingga tidak ada patokan yang khusus, tarif seorang konsultan bisa dikatakan cukup beragam bergantung dari kualitasnya.

Sebagaimana yang Anda ketahui banyak sekali kualifikasi yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang konsultan keuangan perusahaan. Anda kini dapat membayangkan bahwa menjadi seorang konsultan, apalagi menjadi penyedia jasa konsultan keuangan perusahaan merupakan hal yang tidak mudah.

Namun begitu Anda tidak perlu khawatir, karena kami di sini hadir untuk Anda. Kami akan membantu kebutuhan bisnis dan usaha Anda dalam menyediakan jasa konsultan keuanga perusahaan terbaik dan terpercaya. Untuk itu silahkan mengakses layanan jasa konsultan keuangan perusahaan kami di www.jasakonsultan.web.id. Kami tunggu kabar baik dari Anda dan sukses selalu!

(Hubungi Sekarang Juga! WhatsApp: +62813-9081-6250)

Salam hangat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar